100 Highlights Die Welt: Alle Ziele, die Sie gesehen haben sollten

100 Highlights Die Welt: Alle Ziele, die Sie gesehen haben sollten

PPKn Perilaku toleransi adalah sesuatu yang harus dijunjung tinggi dalam interaksi sosial masyarakat karena ….

Perilaku toleransi adalah sesuatu yang harus dijunjung tinggi dalam interaksi sosial masyarakat karena ….

Perilaku toleransi adalah sesuatu yang harus dijunjung tinggi dalam interaksi sosial masyarakat karena toleransi menentramkan kehidupan masyarakat. Sikap ini perlu disiapkan sejak kecil untuk menjaga perbedaan yang ada.

Pembahasan:

Toleransi merupakan sikap positif seseorang untuk menghargai dan menghormati orang yang berbeda agama, ras, bahasa, suku, dan budaya dengan tujuan menjaga kerukuranan, serta mencegah konflik dari masyarakat. Sikap ini perlu disiapkan sejak kecil untuk menjaga perbedaan yang ada di masyarakat.

Adapun perilaku toleransi terwujud dari keberagaman suku, agama, ras, dan budaya, yaitu:

1. Toleransi Keberagaman Suku

Wilayah Negara Indonesia dari Sabang sampai Merauke memiliki beragam suku dan budaya yang tersebar di beberapa daerah. Untuk menjaga perdamaian dan keharmonisan suku-suku tersebut, sebagai warga Negara Indonesia yang baik harus menghormati dan menghargai perbedaan suku tersebut.

2. Toleransi Beragama

Pada sila pertama Pancasila yang berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”. mengartikan bahwa Negara Indonesia adalah negara Ketuhanan menghendaki warganya untuk menganut satu agama. Ada 6 agama yang diakui di Indonesia yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Tanpa adanya toleransi beragama akan terjadi kekerasan, diskriminasi, dan konflik antar masyarakat berbeda keyakinan.

3. Toleransi Sosial Budaya

Indonesia mempunyai keragaman sosial budaya yang harus dijaga dan dipertahankan, misalnya dengan cara mencintai produk buatan Indonesia, mempelajari keragaman budaya lain, dan menghargai perbedaan budaya.

Pelajari lebih lanjut:

Pelajari lebih lanjut materi tentang toleransi pada https://brainly.co.id/tugas/105604

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

[answer.2.content]